Desain dan Kebahagiaan

Menemukan Strategi Desain di Era 5.0

Authors

  • Harifa Siregar GSU

Keywords:

Strategi Desain, Stefan Saigmeister, Teori Psikonalisis, Kebahagiaan, Era 5.0.

Abstract

Makalah ini menawarkan strategi desain untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan desain fungsional dan estetik yang juga dapat memenuhi unsur psikologis. Salah satu elemen psikis tersebut adalah kebahagiaan, seperti yang ditunjukkan oleh Stefan Sagmeister, seorang desainer grafis asal Amerika Serikat. Melalui analisis psikoanalitik terhadap sosok Sagmeister dan bentuk desain yang digarapnya, makalah ini berpendapat bahwa di era 5.0 tantangan terbesar bagi dunia desain dan desainer tidak hanya tentang bagaimana desain memenuhi fungsi komplementer di masyarakat tetapi juga menjadi elemen fundamental dalam menghadirkan kebahagiaan; baik untuk pengguna dan desainer. Desain di era 5.0 merupakan desain yang mampu memproyeksikan “realitas batin” sang desainer, seperti yang ditunjukkan oleh Sagmeister. Desain diharapkan dapat menjangkau dimensi yang lebih luas dengan menggunakan strategi ini agar tidak terjebak dalam siklus kerja industri dan produksi.

Published

2021-02-14

How to Cite

Siregar, H. (2021). Desain dan Kebahagiaan: Menemukan Strategi Desain di Era 5.0. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 119–125. Retrieved from https://eproceeding.isibali.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/101

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.