Produk Industri Kreatif Sebagai Penunjang Pariwisata

Penulis

  • I Ketut Muka Pendet
  • Ni Made Rai Sunarini

Kata Kunci:

Industri Kreatif, Produk, Pariwisata

Abstrak

Era kreatif yang lahir ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya industri kreatif menggunakan ide, keterampilan dan inovasi sebagai modal utama.John Howkins dalam The Creative Economy, menyebutkan bahwa ide merupakan hal yang penting dalam mengembangkan produk. Praktik pengembangan industri kreatif, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Badan Ekonomi Kreatif dan pada tanggal 20 Januari 2015 Presiden Joko Widodo membentuk lembaga resmi khusus menangani ekonomi kreatif, (BEKRAF) Badan Ekonomi Kreatif. Bekraf membidangi 16 subsektor industri kreatif. Dalam praktiknya industri kreatif yang berkembang saat ini dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat,yakni masyarakat kreatif yang senantiasa berusaha untuk memproduksi suatu produk kreatif inovatif untuk memenuhi kebutuhan pariwisata. Dalam era ekonomi kreatif diharapkan masyarakat lebih memilih menjadi masyarakat kreatif yang dapat menguatkan perekonomian keluarga, masyarakat maupun negara. Melalui pendekatan metoda kualitatif pengamatan pada produk industri kreatif yang tumbuh dan berkembang di Bali ditunjang dengan teknik pengumpulan data antara lain kepustakaan, obsevasi serta wawancara secara lisan melalui tanya jawab.

Unduhan

Diterbitkan

2019-09-09

Cara Mengutip

Muka Pendet, I. K., & Rai Sunarini, N. M. (2019). Produk Industri Kreatif Sebagai Penunjang Pariwisata. Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1, 271–277. Diambil dari https://eproceeding.isibali.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/65

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.