Analisis Teks Iklan Media Televisi A Mild “Nanti Juga Lo Paham”

Penulis

  • Aisyi Syafikarani
  • Agung Eko Budiwaspada
  • Pindi Setiawan

Kata Kunci:

analisis teks, periklanan, media televisi, rokok

Abstrak

Iklan A Mild “Nanti Juga Lo Paham” cukup menarik perhatian publik karena iklan tersebut disampaikan melalui kultur budaya masyarakat dengan visualisasi yang tidak biasa, menampilkan sosok-sosok yang dianggap tidak wajar seperti seorang pria yang menunggangi gajah, pria dengan pakaian serba hitam, pria berkepala kelinci, hingga seorang wanita dengan tampilan yang nyentrik. Penggunaan musik yang sangat atraktif turut memberikan kesan yang berbeda. Begitu juga dengan tagline “Nanti Juga Lo Paham” yang membuat pemirsa bertanya-tanya maksud dari tagline tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa iklan media televisi A Mild “Nanti Juga Lo Paham” menggunakan teknik-teknik tertentu dalam memproduksi iklannya yang dapat diketahui dengan cara membedah naskah iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode bedah naskah iklan berdasarkan pada setiap shot, kemudian dari masing-masing shot akan dianalisis lebih mendalam lagi melalui visualisasi gambar (sudut pandang, ukuran gambar, lighting, moving camera, cut, transisi), setting, model, properti, warna, gerak atau interaksi, tipografi, dan suara. Sehingga dari penelitian ini akan diketahui secara teknis bagian-bagian naskah atau shot yang mendukung dalam penyampaian pesan iklan.

Unduhan

Diterbitkan

2019-09-10

Cara Mengutip

Syafikarani, A., Eko Budiwaspada, A., & Setiawan, P. (2019). Analisis Teks Iklan Media Televisi A Mild “Nanti Juga Lo Paham”. Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1, 364–374. Diambil dari https://eproceeding.isibali.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/76

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.