DESAINER PEMBELAJAR DALAM ERA Society 5.0 STRATEGI DESAIN BALI PAMERAN DUNIA 2030

Authors

  • Gai Suhardja Universitas Kristen Maranatha,

Abstract

Dampak pandemic covid-19 merubah dunia, aktifitas internet dan komunikasi antara manusia
berbagai bidang melalui sarana virtual, mencegah penularan covid-19. Maka para desainer
bekerja di rumah dengan lap-top secara virtual. Indonesia dalam proses percepatan pembangunan
infrastruktur dari Sabang hingga Merauke sebagai upaya pemerataan pertumbuhan ekonomi bagi
semua golongan masyarakat, kendala pandemic tak boleh menghalangi program pemerintah dan
masyarakat, karena itu para pelaku desain bergiat berpikir strategis berkontribusi bagi kemajuan
negera tercinta. Bali kebanggaan warga bangsa bahkan dunia hendaknya tidak mengalami
hambatan pariwisata, maka kebersamaan para pelaku desain bangkit dengan sumbangsih gagasan.
Penelitian ini membahas bagaimana meraih percepatan kemajuan di segala sector, demi
kesejahteraan masyarakat luas. Memanfaatkan moment pandemic sebagai kesempatan negara-
negara dunia berinvestasi 800 triliun di Bali, strategi desain dirancang dengan ide Pameran
Sedunia (World Expo) dengan ketentuan perencanaan kawasan sesuai kelayakan dan prinsip
pelestarian lingkungan estetika kebudayaan Bali yang anggun dan sakral terjaga. Karenanya ide
dan strategi desain penting mencakup berbagai sektor untuk siap dihidupi pada masa 5.0 yang
holistic dengan metoda desain yang multidisiplin bersifat universal dimana Bali mencapai puncak
Indonesia Emas 2045.

Published

2021-02-14

How to Cite

Suhardja, G. (2021). DESAINER PEMBELAJAR DALAM ERA Society 5.0 STRATEGI DESAIN BALI PAMERAN DUNIA 2030. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 150–157. Retrieved from https://eproceeding.isibali.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.