TUR WISATA VIRTUAL BALI PADA ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Pramidewi Premaswari Institus Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Wisata, Virtual, Tur

Abstract

COVID 19 yang melanda dunia pada awal tahun 2020 ini sangat mempengaruhi sektor pariwisata Indonesia, khususnya Bali. Imbas dari pandemi ini adalah sepinya pariwisata yang membuat banyak pihak mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah tur virtual yang dapat digunakan sebagai media promosi pariwisata Bali. Dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan objek wisata secara virtual, diharapkan dapat memicu minat dan ketertarikan masyarakat untuk berkunjung ke Bali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif-kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif, di mana rancangan tur wisata virtual Bali diberikan kepada masyarakat untuk menilai dan menanggapi, yang kemudain data yang diperoleh dan rancangan tur akan dideskripsikan untuk dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari 77 responden, rata-rata condong tertarik mencoba tur virtual dan objek wisata yang tepat untuk menerapkan tur virtual adalah objek wisata yang bersifat rekreasi, perjalanannya dinikmati, dan menambah wawasan, seperti wisata alam atau wisata budaya. Dengan demikian tur virtual dapat menarik masyarakat untuk mencoba tur wisata virtual dan mengunjungi objek wisata tersebut secara langsung

Published

2021-02-14

How to Cite

Pramidewi Premaswari, I. G. A. A. (2021). TUR WISATA VIRTUAL BALI PADA ERA SOCIETY 5.0. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 256–262. Retrieved from https://eproceeding.isibali.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/141

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.