PENGARUH PSIKOLOGI RUANGAN BANGUNAN UNIVERSITAS CIPUTRA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Patrick Tristan Universitas Ciputra
  • Justin Laurent
  • Lois Felicita

Keywords:

psikologi, ruangan, bangunan universitas ciputra, motivasi belajar, mahasiswa

Abstract

Desain  fisik ruang belajar merupakan salah satu hal yang mempengaruhi dari keadaan mahasiswa ketika berada  melakukan suatu aktivitas di dalam suatu ruang. Dalam hal ini, Universitas Ciputra memiliki ruangan -ruangan yang berbeda pada bangunan dimana ruangan - ruangan tersebut digunakan oleh mahasiswa untuk proses belajar. Adanya kondisi ruangan-ruangan yang berbeda di Universitas Ciputra dapat memberikan pengaruh tertentu terhadap aktivitas mahasiswa terutama saat proses belajar mengajar dimana dari segi kenyamanan termal, warna, dan fasilitas yang ada pada ruang dapat membuat mahasiswa menjalani proses belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa terhadap ruangan-ruangan yang ada dengan studi literatur dan referensi yang ada. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat diketahui makna dan dampak dari psikologi ruangan berdasarkan studi kasus pada fasilitas seperti ruang kelas dan student lounge Universitas Ciputra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan survei terhadap respon  mahasiswa saat berada dalam ruang-ruang tersebut dan  pengaruhnya terhadap proses pembelajaran serta membandingkan hasil survei dengan teori kenyamanan psikologi.

 

 

 

Published

2021-02-14

How to Cite

Tristan, P., Laurent, J., & Felicita, L. (2021). PENGARUH PSIKOLOGI RUANGAN BANGUNAN UNIVERSITAS CIPUTRA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 45–51. Retrieved from https://eproceeding.isibali.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/83

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.